<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/platform.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d9500427\x26blogName\x3dNana%60s+Footsteps...\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_BLOGSPOT\x26navbarType\x3dBLUE\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttps://bluefreaknana.blogspot.com/search\x26blogLocale\x3den_US\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttp://bluefreaknana.blogspot.com/\x26vt\x3d-532937761360745212', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>

Nana`s Footsteps...

Monday, February 21, 2005

中間発表の終わったあと。。。。

(baca: Setelah half presentation berlalu...)

Tahun ajaran Jepang dimulai pada bulan April tiap tahunnya. Kelulusan biasanya ditentukan oleh presentasi akhir yg diselenggarakan pada bulan Februari. Mengikuti sistem Jepang (walaupun terdaftar sebagai English course student), saya harus melakukan presentasi pertengahan (half presentation) untuk menunjukkan kemajuan riset selama setahun pembelajaran di lab.

Ternyata namanya mahasiswa di mana2 sama saja. Heboh saat mendekati deadline pengumpulan abstrak dan latihan presentasi. Begitu kewajiban selesai.. menghilang sudah. Gak di Jepang, gak di Indonesia.... Dulu kupikir mahasiswa Jepang ga mengenal arti istirahat. Ternyata dugaanku salah. Menurut Shimozawa sensei terjadi pergeseran perilaku dan etika kerja. Generasi muda Jepang jaman sekarang cenderung pemalas. Tapi menurutku (dibandingkan pelajar Indonesia) Bushido spirit (semangat tak kenal menyerah) masih sangat kuat dimiliki generasi Jepang . Setidaknya dari yang kulihat.. mereka memiliki tanggung jawab yang besar pada pekerjaan yang mereka lakukan (perkecualian : pada tutorku Si Hirota, that 'glowing in the dark stuff' :( ). Yang penting apa yang menjadi kewajiban harus dipenuhi.

Presentasi hanya wajib dipaparkan dalam 5 menit. Terlalu singkat (tapi keuntungan buatku). Yah yang jelas aku lega karena Sensei sepertinya tidak kecewa dengan hasil yang kupresentasikan. Dan berhasil memenuhi kewajiban 5 menit pas berbicara. Daimon sensei ga bilang 'Dont speak too much'... seperti di Happyou Renshu (latihan presentasi).

Satu pertanyaan kemarin ga selesai terjawab :(

Tapi aku lega.

Review :
Kato, biasa aja
Nakamura, bagus performance-nya, he is always the best among those M1s
Tomoya, oke banget pake jas itu, si tenang kali ini tidak tenang
Hirota, istilah Wawan pake apa aja 'mbladus'... kata dewi 'ga meyakinkan'

0 Comments:

Post a Comment

<< Home